Khasiat Tanaman Kembang Sepatu Sungsang

1:51 AM

Tanaman Kembang Sepatu Sungsang
Kembang sepatu sungsang (Hibiscus schizopetalus)
Manfaat tanaman herbal kali ini akan membahas tentang Khasiat tanaman kembang sepatu sungsang.
Tumbuhan kembang sepatu sungsang (Hibiscus schizopetalus) ini berasal dari Afrika dan biasanya dapat kita jumpai sebagai pagar di pedesaan-pedesaan/ sebagai tanaman hias di pekarangan rumah yang hanya dapat tumbuh didaerah yang beriklim tropis. Kembang sepatu sungsang  memiliki ciri fisik sebagai berikut:
  • Habitus perdu, tegak dengan tinggi sekitar 2-4 m.
  • Bunga keluar dari ketiak daun yang letaknya menggantung ke bawah.
  • Tangkai bunga memiliki panjang 8-16 cm.
  • Mahkota bunga menekuk ke atas dan memiliki bentuk yang sangat khas yakni bercangap menyirip rangkap dengan taju sempit dan berwarna merah cerah dengan pangkal merah tua.
  • Memiliki daun tunggal yang bertangkai dan berbentuk oval dengan tepi bergerigi, dengan ujung dan pangkal yang runcing. Panjang daun sekitar 2-12 cm dan lebar 1-7,5 cm yang tumbuh diujung ranting.
  • Bakal buah dari kembang sepatu sungsang ini beruang lima, dengan pengembangbiakkan melalui setek/ biji.
  • Kembang sepatu sungsang memiliki tabung benang sari lemas dengan panjang 8-9 cm.
Klasifikasi dari Tanaman kembang sepatu sungsang:
Familia: Malvaceae
Nama asing: Tiau ten hua (T)
Nama daerah: Kembang wora-wari, kembang lampu, kembang enting-enting, dan kembang sepatu.
Bagian yang dipakai: Daun
Sifat kimiawi dan efek farmakologis: antiradang (antiinflamasi), menumbuhkan sel-sel baru, mengeluarkan nanah, dan menghilangkan pembengkakan.

Dibalik kecantikannya ternyata tanaman kembang sepatu sungsang ini memiliki beberapa khasiat untuk kesehatan.
Berikut Cara Pemakaian dari kembang sepatu sungsang:
1. Pemakaian Luar:
  1. Radang kulit bernanah (Pioderma): Siapkan bunga dan daun kembang sepatu sungsang secukupnya yang sebelumnya telah dicuci sampai bersih, lalu + bubuk sambiloto kering (Andrographis paniculata) + daging lidah buaya (Aloe vera). Semua bahan ditumbuk hingga halus, lalu dioleskan pada bagian kulit yang sakit. Lakukan secara teratur.
  2. Bisul (Furunculus): Cucilah sampai bersih lalu ditumbuk hingga halus daun kembang sepatu sungsang secukupnya + kaktus (Opuntia dilenii) yang sebelumnya telah dikupas. Kedua bahan dihaluskan, lalu ditempelkan pada bisul.
2. Pemakaian Dalam:
  1. Rematik arthritis, radang persendian: Sediakan bahan-bahan sebagai berikut; 30-60 gr daun beserta bunga kembang sepatu sungsang yang masih segar + 30 gr kembang pukul empat yang masih segar (Mirabilis jalapa) + 70 gr lidah buaya (Aloe vera) + 20 gr temulawak (Curcuma xanthorhiza), dan 15 gr jahe merah (Zingiber officinale). Semua bahan direbus dengan menambahkan 700 cc air sampai tersisa 300 cc. Saring, lalu tambahkan gula merah secukupnya dan minumlah selagi masih hangat.
  2. Radang kulit (Pioderma): Siapkan 60 gr daun beserta bunga kembang sepatu sungsang lalu dicuci sampai bersih kemudian direbus dengan menambahkan air sebanyak 300 cc sampai tersisa 150 cc. Sisa air 150 cc tersebut ditambahkan kedalam 200 cc jus wortel (Daucus carota), masak hingga mendidih lalu diminum jika sudah hangat. Lakukan secara teratur.
  3. Abses: Sediakan 30-60 gr daun beserta bunga kembang sepatu sungsang + 30 gr krokot yang masih segar (Portulaca oleraceae) + 60 gr jail (Coix lacryma-jobi) yang telah direndam terlebih dahulu, lalu semua bahan direbus dengan menambahkan 700 cc air sampai tersisa 300 cc air. Saring, lalu diminum airnya selagi masih hangat.
  4. Menghilangkan pembengkakan dan peradangan: Sediakan 30-60 gr daun beserta bunga kembang sepatu sungsang yang masih segar + 40 gr sambiloto (Andrographis  paniculata) + 30 gr krokot yang masih segar (Portulaca oleraceae) + 60 gr herba kembang pukul empat (Mirabilis jalapa). Semua bahan dicuci sampai bersih lalu direbus dengan menambahkan 1 Liter air sampai tersisa setengahnya. Saring, lalu airnya diminum untuk 2 x sehari @ 250 cc.
  5. Radang ginjal (Nephitis): Sediakan 30-60 gr daun beserta bunga kembang sepatu sungsang yang masih segar + 60 gr akar alang-alang (Imperata cylindrical) + 60 gr kulit semangka. Semua bahan direbus dengan menambahkan 1 liter air sampai tersisa 500 cc air. Setelah airnya dingin lalu disaring dan diminum untuk pemakaian 2 kali sehari, @ 250 cc. 
Catatan:
  • Wanita hamil sebaiknya tidak mengkonsumsi air rebusan kembang sepatu sungsang ini.
  • Untuk penyakit berat, sebaiknya tetap konsultasikan ke dokter.
  • Setiap pengobatan dilakukan secara teratur.

You Might Also Like

0 comments

Please enable / Bitte aktiviere JavaScript!
Veuillez activer / Por favor activa el Javascript![ ? ]